Minggu, 27 Januari 2013

Kegiatan Program Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (P2SPT) 2012



Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah S.W.T karena berkat karunia-Nya Program Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi 2012 (P2SPT 2012) dapat terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Sungguh kegiatan yang luar biasa menguras tenaga, waktu dan pikiran namun hal tersebut tidak menajadi kendala yang memberatkan kami panitia P2SPT 2012 khususnya. Sebelum penulis mendeskripsikan jalannya kegiatan P2SPT 2012, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2011/2012 yang telah bekerja keras sampai akhir acara. Juga kepada seluruh delegasi dari Hima Diksatrasia, Hima D’basis, Hima Lampyris dan Hima Guseda yang turut serta terlibat dalam kepanitiaan P2SPT 2012. Tidak lupa kepada struktural, ketua dan sekretaris prodi serta dosen yang berada di lingkungan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Pakuan yang telah memberi apresiasi pada pelaksanaan P2SPT 2012 dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan P2SPT 2012 yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu penulis ucapkan banyak terima kasih.
Kegiatan yang bertemakan “Awali Kesuksesan dengan Langkah Semangat Kebersamaan Menuju Masa Depan” ini diselenggarakan pada hari Jumat 14 September 2012 dan Sabtu 15 Desember 2012. Hari pertama dimulai pada pukul 07.00 menyambut kedatangan peserta dilanjutkan dengan gladiresik pada pukul 08.00 s.d. 09.00. setelah persiapan selesai barulah pembukaan dimulai pada pukul 09.20 dihadiri oleh seluruh kepala dan sekretaris masing-masing prodi di lingkungan FKIP UNPAK dan dibuka langsung oleh Dekan FKIP UNPAK. Selain itu ada pemberian materi mengenai sistem pendidikan tinggi di FKIP UNPAK oleh :Deddy Sofyan, Drs., M.Pd. (Program Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi),Lestari Sukartiningsih, Drs., M.Pd. (Kegiatan Akademik FKIP UNPAK),Dra. Eri Sarimanah, M.Pd. (Pelayanan Administrasi FKIP UNPAK),Aam Nurjaman, Drs., M.Pd. (Kegiatan Kemahasiswaan FKIP UNPAK).
Adapun materi lain mengenai pengenalan Laboratorium yang ada di lingkungan FKIP UNPAK antara lain:Cucu Mariam, S.Pd. (Lab. Bahasa inggris),Tina Priyantin, S.Pd. (Lab. Komputer),Atti Herawati, Dra., M.Pd. (Lab. Micro Teaching),Ainiyah Ekowati, S.Pd. yang diwakili oleh Siti Chodijah, S.Pd. (Lab. Bahasa dan Sastra Indonesia),Sri Rahayu, S.Pd. (Perpustakaan),Tatang Muhajang, S.Ag., M.Ag. (Bimbingan dan Penyuluhan), Dra. Triasianingrum, S.U (Lab. Biologi), Neddin Badruzzaman, M.Pd. (Unit KKN) dan Dadang Kurnia, Drs., M.Pd. (Lab. PGSD)
Setelah semua pemateri selesai menyampaikan materinya kepada para peserta P2SPT 2012, hari pertama pun selesai pada pukul 16.00 dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Saudara Sapta Wiguna dari Prrogram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
            Berlanjut hari ke-2 seluruh panitia hadir pada pukul 06.00 sebelum peserta tiba di lokasi P2SPT 2012. Divisi keamanan yang telah siap siaga untuk mengeksekusi peserta yang datang terlamabt berbaris dengan rapih dipimpin oleh Saudara Rusdi Sundana dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pukul 06.30 peserta sudah ramai memenuhi “TKP”, setelah kedua MC yakni Saudara Aldi Yudawan dan Resti Setiawati yang sama-sama berasal dari Program Studi Pendidikan Biologi memasuki arena acara pun dimulai. Diawali dengan penampilan Yel-Yel masing-masing kelompok, seluruh peserta nampak gembira menikmati pertunjukan antarkelompok satu sama lain. Setelah semua kelompok menampilkan yel-yel mereka, tibalah giliran pengenalan-pengenalan Program Studi dan Organisasi yang ada di lingkungan FKIP UNPAK dengan uratan sebagai berikut:Pengenalan BLM (Badan Legislatif Mahasiswa), Pengenalan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Pengenalan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris & HIMA D’Basis di Ruang 2.1 & 2.2, Pengenalan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia & HIMA Diksatrasia di Ruang 3.2 & 3.3,Pengenalan Prodi Pendidikan Biologi & Hima Lampyris di Ruang 3.1, Pengenalan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar & HIMA Guseda di Lapangan FKIP UNPAKhingga pukul 11.00 seluruh peserta kembali ke lapangan FKIP UNPAK untuk melanjutkan agenda penampilan Yel-Yel kembali dan pada pukul 12.00 peserta di istirahatkan untuk sholat dan makan hingga pukul 13.00. Berakhirnya waktu istirahat peserta diarahkan untuk kembali ke lapangan FKIP UNPAK untuk diperkenalkan dengan pengenalan UKM yaitu Basket, Volly, dan First Magazine. Adapun DKM yang turut serta memperkenalkan UKM-nya dan dilanjutkan dengan penampilan Drama Kabaret yang berjudul “Bongkar” dari Sanggar Prabu dan membuat seluruh peserta bergemuruh tawa. Empat aliansi Himpunan mahasiswa pun ikut serta memeriahkan kegiatan P2SPT dengan menampilkan kreasi seni-nya diawali oleh Hima D’Basis, Diksatrasia, Lampyris, dan yang terakhir adalah GUSEDA.
            Tepat pada pukul 16.30 acara pun selesai, seluruh peserta diarahkan untuk upacara pebutupan yang dihadiri oleh seluruh struktural, ketua prodi dan beberapa dosen yang ada dilingkungan FKIP UNPAK. Setelah diadakan penaggalan  name tag peserta yang diwakili mahasiswa/i baru dari masing-masing prodi secara simbolik, acara pun ditutup langsung oleh Dekan FKIP UNPAK. 
Jumlah peserta yang mengikuti P2SPT 2012 sebanyak 843 orang dengan rincian:
  • Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 459 orang
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 173 orang
  • Program Studi Biologi sebanyak 95 orang
  • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 116 orang
  • Gelombang 1 sebanyak 260 orang
  • Gelombang 2 sebanyak 321 orang
  • Gelombang 3 sebanyak 262 orang.
Banyak kekurangan selama maupun sebelum kegiatan berlangsung, maka dari itu evaluasi dari seluruh pihak sangat diharapkan agar adanya kesadaran akan pentingnya sebuah kekompakan dalam kerjasama suatu organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
BEM FKIP UNPAK adalah kelembagaan di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Universitas Pakuan yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai eksekutor dalam kegiatan yang berpacu kepada visi dan misi fakultas dan tri dharma perguruan tinggi serta AD/ART BLM-BEM FKIP UNPAK. Kehadiran BEM merupakan perwakilan dari keseluruhan mahasiswa FKIP UNPAK untuk menyalurkan berbagai aspek baik akademis maupun non-akademis.